Macam Bahan Kaos Berdasarkan Ketebalan dan Rajutan

Bahan kaos dibedakan berdasarkan ketebalan dan rajutan. Ketebalan tersebut diberi simbol angka, semakin tipis bahannya semakin kecil angkanya semakin tebal, semakin besar angkanya, semakin tipis bahannyaSedangkan bahan kaos berdasarkan rajutan dimana dilihat dari jumlah jarumnya, ada jarum tunggal dan jarum ganda. Walaupun demikian, pada kenyataannya setiap produsen tidak semuanya seperti itu, karena setiap produsen menerapkan penilaian kain yang berbeda. Prinsip dasarnya tetap sama yaitu ketebalan, tekstur, dan rajutan tunggal atau ganda.


Angka yang dimaksud itu adalah jenis dan tipe benang yang digunakan pada proses pembuatan kain tersebut (rajutan). Tipe bahan kaos 20 s Tipe benang dengan angka 20 merupakan bahan kain yang memiliki gramasi `180 sampai 220 gr/m2. Jenis rajutan sendiri adalah jarum tunggal.

A. Tipe bahan kaos 24 s
Tipe benang 24 mendapatkan kain dengan memiliki gramasi 170 sampai 210 gr/m2. Jenis
rajutan menggunakan jarum tunggal.

B.Tipe bahan kaos 30 s
Tipe benang 30 merupakan bahan kain dengan memiliki gramasi 140 sampai 160 gr/m2
dengan menggunakan rajutan jarum tunggal. Sedangkan gramasi akan lebih tinggi antara
210 sampai 230 gr/m2 jika rajutan jarum ganda.

C. Tipe bahan kaos 40 s
Terakhir adalah tipe benang 40 dengan gramasi yang dimiliki adalah 110 sampai 120
dengan jenis rajutan tunggal. Gramasi yang didapatkan akan lebih tinggi jika
menggunakan jarum ganda antara 180 hingga 230 gr/m2.

Huruf ‘s’ sendiri berarti adalah single knit, dimana rajutannya menggunakan jarum tunggal. Karakteristik jarum tunggal memiliki bahan kain yang rapat, padat, dan keras  (tidak lentur). Sedangkan pada karakteristik jarum ganda biasanya kain yang dihasilkan lebih kenyal, renggang rajutannya, dan lentur sehingga baik digunakan untuk sehari – hari. Adapun rajutan jarum ganda memiliki simbol ‘d’, yang artinya adalah double knit. Kaos pada umumnya menggunakan katun combed dengan ketebalan yang tinggi yaitu 20s atau 30s.

About Muhammad Multazam

Muhammad Multazam
Recommended Posts × +

2 komentar:

  1. However, in fact, each manufacturer is not the same, because each manufacturer applies different estimates of the fabric, the basic principle remains the same.

    ReplyDelete
  2. replica designer handbags are crafted by skilled artisans who use the finest materials and techniques to create pieces that are not only beautiful but also durable. From the stitching to the hardware, every aspect of a designer handbag is carefully considered and executed to perfection.

    ReplyDelete